Tangkal, Agar Kolesterol Tidak Melonjak Setelah Lebaran

Tangkal, Agar Kolesterol Tidak Melonjak Setelah Lebaran – Makanan Lebaran berpotensi meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Berikut tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

Hari Raya Idul Fitri alias Lebaran identik dengan sajian beragam makanan, mulai dari opor ayam hingga rendang. Meski sangat menggoda untuk dikonsumsi saat hari kemenangan, Anda sebaiknya berhati-hati dan tidak lapar mata. Opor, rendang, dan sebagian besar sajian Idul Fitri lainnya dapat meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Tips Agar Kolesterol Tidak Melonjak

Sudah bukan hal yang baru bahwa sajian Lebaran dapat meningkatkan kadar kolesterol. Namun, Anda tak perlu khawatir akan hal ini. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar sajian Lebaran tak menyebabkan lonjakan kadar kolesterol. Beberapa tips tersebut adalah sebagai berikut:

  • Batasi porsi

Jangan jadikan momen Lebaran sebagai waktu balas dendam setelah selesai menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Ketahuilah bahwa makan berlebihan selama Lebaran dapat meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh Anda.

Nah, guna menghindari hal tersebut, Anda wajib makan dalam jumlah secukupnya alias tidak berlebihan. Mulailah makan secara bertahap dan perlahan, dengan porsi lebih kecil dan frekuensi lebih sering. Cara ini dilakukan agar tubuh Anda dapat beradaptasi dengan pola makan seperti sedia kala.

  • Pilih-pilih makanan

Usahakan agar Anda tidak terlalu banyak mengonsumsi daging berlemak maupun kulit ayam. Keduanya dapat meningkatkan kadar kolesteroljahat (LDL) di dalam tubuh.

Akan lebih baik bila Anda memilih daging yang tidak mengandung lemak atau ayam tanpa kulit untuk menu Lebaran Anda. Kemudian, Anda juga bisa memasukan ikan laut yang mengandung omega-3 ke dalam menu Lebaran. Ikan laut seperti salmon, tuna, teri, dan sarden dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh.

  • Pilih cara masak yang tepat

Memasak dengan cara kukus, rebus, dan panggang lebih baik daripada goreng. Makanan yang digoreng mengandung lemak trans yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh.

Namun, jika terpaksa harus menggoreng, gunakanlah minyak zaitun, minyak kanola, minyak almond, atau minyak kenari. Tetap ingat untuk tidak menggoreng menggunakan metode banyak minyak (deep frying). Sekadar menumis dengan minyak sehat tersebut masih tergolong aman.

  • Konsumsi sayur dan buah

Jangan lupa selingi menu Lebaran Anda dengan sayur dan buahsebagai sumber serat. Selain membantu melancarkan saluran cerna, sayur dan buah juga dapat menimbulkan efek kenyang lebih lama sehingga Anda tidak mengonsumsi makanan Lebaran secara berlebihan.

Agar lebih lengkap, pastikan Anda mengombinasikan tips di atas dengan melakukan tindakan berikut ini:

  • Teratur periksa kolesterol
  • Awasi asupan dan pola makan
  • Nikmati hidup tanpa rokok dan minuman berlakohol
  • Giat berolahraga
  • Kendalikan berat badan dan hindari stres
  • Awasi tekanan darah
  • Lengkapi dengan konsumsi plant stanol ester.

 

Dengan itu semua, Anda tak perlu khawatir kolesterol akan melonjak tinggi usai Lebarannanti. Selamat Hari Raya Idul Fitri!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*