Asam Urat: Ecok, Rematik ?

Sobat Mitoha tentunya tidak asing istilah ini sering kita dengar baik pembahasannya lewat media broadcast televisi, internet, radio, forum-forum kesehatan dan lainnya, apa itu? ASAM URAT.

Sebenarnya apa sih asam urat itu? berikut kami ulas buat sobat mitoha yang saat ini sedang mencari informasi tentang ‘asam urat’ ini, yang kami ambil dari beberapa sumber.

Pengertian Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat atau gout adalah dimana kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri terasa sakit yang tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di persendian.

Meski semua sendi di tubuh bisa terkena penyakit asam urat ini, namun yang paling sering terserang yaitu sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Orang awam kadang-kadang menyebut penyakit ini sebagai encok/rematik padalah rematik adalah istilah umum yang dipakai untuk menggambarkan rasa sakit pada persendian atau otot yang mengalami peradangan.

Laki-laki lebih rawan terkena penyakit asam urat dibandingkan dengan perempuan, terutama saat usia mereka di atas 30 tahun. Pada perempuan, penyakit ini biasanya berisiko timbul setelah menopause.

Gejala Penyakit Asam Urat

Orang yang terkena serangan penyakit asam urat biasanya akan merasakan perkembangan gejala yang cepat dalam beberapa jam pertama.

Sendi yang tiba-tiba terasa gejalanya di malam hari terasa sangat sakit (terutama sendi jempol kaki) merupakan gejala penyakit asam urat yang umum terjadi. Sering kali penderita penyakit ini kesulitan untuk berjalan akibat rasa sakit yang sangat mengganggu.

Tidak hanya sendi jempol kaki saja, sendi-sendi lain yang terletak di ujung anggota badan juga rentan terkena serangan penyakit asam urat. Contohnya adalah sendi pergelangan kaki, telapak kaki tengah, lutut, pergelangan tangan, jari-jari tangan, dan siku.

Rasa sakit bisa berlangsung selama 3-10 hari. Pembengkakan tidak hanya terjadi di sendi, namun juga di daerah sekitar sendi disertai warna kulit yang memerah. Pada tahap ini, penderita dapat tidak mampu bergerak secara leluasa.

Apa Penyebab penyakit asam urat?

– Seseorang yang suka mengonsumsi makanan yang menyebabkan peningkatan asam urat (contohnya jeroan, hidangan laut, daging merah).
– Seseorang yang gemar mengonsumsi minuman beralkohol akan berisiko tinggi terkena penyakit asam urat.

Selain itu, penyakit ini juga rawan dialami oleh orang-orang yang menderita obesitas, diabetes, hipertensi, atau penyakit ginjal kronik.

Menurut penelitian, seseorang yang memiliki keluarga penderita penyakit asam urat juga dapat terkena kondisi sama. Dengan kata lain, penyakit ini bersifat genetik juga, waaahhh…

Bagaimana Pengobatan Penyakit Asam Urat

Cara Pengobatan Asam urat, sangat penting bagi anda yang mengalami serangan penyakit asam urat untuk beristirahat dengan cukup, coba angkat tungkai anda dan hindarkan sendi yang sedang mengalami radang dari benturan.

Mengompres sendi dengan sekantong es selama sekitar dua puluh menit juga dapat membantu meredakan rasa nyeri. Jangan mengompres lebih dari waktu tersebut dan jangan menempelkan es secara langsung ke kulit karena dapat merusak kulit.

Segera minum obat yang diresepkan oleh dokter begitu Anda merasakan serangan penyakit asam urat.

Bisa juga sobat coba konsumsi Jelly Gamat Golden Mitoha

Mencegah terulangnya serangan penyakit asam urat

Untuk mencegah agar tidak terulang anda harus konsisten untuk tidak memakan makanan yang mengandung banyak purin karena rentan untuk terserang gejala penyakit asam urat.

Oleh karena itu, hindari makanan semacam jeroan (jantung, hati, ginjal, dan otak), makanan laut (kerang-kerangan, kepiting, dan udang), daging merah, makanan yang mengandung ragi, dan ikan yang banyak mengandung minyak (sarden, makarel, dan ikan teri).

Selain karena jeroan, kadar asam urat juga bisa meningkat apabila kita terlalu banyak mengonsumsi camilan manis, minuman manis, dan minuman beralkohol. Jenis minuman beralkohol yang paling berisiko memicu serangan penyakit asam urat adalah bir, wiski, dan vodka

Usahakan agar berat tubuh anda ideal dengan berolah raga cukup agar tidak obesitas karena rentan terhadap serangan penyakit asam urat.

Minum air putih secukupnya tiap hari. Disamping dapat menghindarkan diri dari dehidrasi, air juga dapat memperlancar pembuangan asam urat melalui urine sehingga risiko pembentukan kristal menjadi minim.

Disarankan agar kita minum sekitar 6-8 gelas air mineral per hari, bahkan lebih banyak jika kita juga rutin melakukan olahraga atau sedang berada di bawah cuaca panas.

Semoga sobat mitoha cukup tercerahkan dengan ulasan diatas. Salam sehat!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*