Penyebab Dan Cara Menangani Alergi Kulit

Pernah atau saat ini Sobat Mitoha sedang ngalamin gatel-gatel karena alergi kulit? Apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya, yuk sobat kita simak sedikit ulasan mengenai alergi kulit.

Alergi kulit dapat berkembang secara bertahap dalam beberapa menit atau beberapa jam. Meskipun sebagian besar reaksi alergi ringan, reaksi alergi yang parah juga dapat terjadi secara tiba-tiba. Penyebabnya bisa beragam. Untuk mencegah alergi pada kulit, penting untuk mengenali dan mencegah pemicu alergi.

Dari sudut pandang medis, alergi kulit disebut dermatitis kontak alergi. Alergi bisa disebabkan oleh berbagai penyebab. Terjadinya alergi disebabkan oleh aksi alergen, unsur asing yang dianggap oleh sistem kekebalan tubuh sebagai sesuatu yang berbahaya, sehingga jika terpapar bisa mengakibatkan reaksi alergi.

Seseorang dengan kulit sensitif mudah alergi. Beberapa gejala yang jelas adalah kemerahan, ruam kulit, gatal dan bengkak.

Penyebab alergi kulit

Ada beberapa hal yang sering dapat menyebabkan dan menyebabkan reaksi alergi pada kulit, termasuk:

  • Produk kosmetik, misalnya make-up, lotion, deodoran, sabun, sampo dan pewarna rambut.
  • Deterjen seperti pembersih lantai, sabun, desinfektan dan deterjen.
  • Obat yang diaplikasikan dengan kulit seperti krim anti penuaan atau antibiotik.
  • Aksesori logam seperti nikel atau emas.
  • Tanaman yang bisa mengandung daun, batang atau serbuk sari.
  • Lateks, bahan untuk sarung tangan karet, kondom dan balon.
  • Semprotan serangga.
  • Parfum.

Sobat juga memiliki risiko lebih tinggi terkena alergi kulit jika Sobat memiliki kondisi kulit yang disebut eksim, peradangan anggota tubuh bagian bawah karena masalah sirkulasi atau gatal di daerah genital.

Reaksi alergi tidak langsung terjadi ketika tubuh pertama kali terkena alergen. Pada paparan pertama, sistem kekebalan hanya akan mengingat antibodi dan kemudian menghasilkannya sebagai respons. Ketika tubuh terkena zat yang menyebabkan alergi berikut, reaksi alergi baru terjadi. Proses pembentukan respon imun terhadap alergen membutuhkan setidaknya 10 hari.

Jika Sobat memiliki alergi dalam beberapa menit, pasien dapat segera mengalami gejala alergi kulit ketika mereka bersentuhan dengan alergen. Namun, gejala baru juga dapat terjadi 1-2 hari setelah terpapar alergen. Dalam beberapa kasus, alergi dapat menyebabkan reaksi fatal atau anafilaksis

Meskipun jarang, kita masih perlu waspada terhadap reaksi alergi dalam bentuk anafilaksis. Selain kulit merah, anafilaksis dapat menyebabkan sesak napas, kram perut, mata lemah tiba-tiba, pembengkakan di tenggorokan dan mulut dan kehilangan kesadaran. Jika anafilaksis tidak segera diobati, itu bisa menyebabkan kematian.

Bagaimana cara mengatasi alergi kulit

Jika Sobat memiliki alergi kulit, temukan penyebabnya dan hindari sebanyak mungkin alergen. Selain itu, ada beberapa tips yang bisa mengurangi risiko alergi kulit.

  • Gunakan Galmei Lotion atau Hydrocortisone Cream
    Kedua jenis krim ini digunakan untuk mengurangi rasa gatal. Namun, penggunaan obat-obatan seperti krim hidrokortison harus memenuhi rekomendasi dokter.
  • Gunakan pakaian longgar dan lembut
    Pakaian ketat bisa membuat ruam kulit lebih buruk. Karena itu, jika tubuh gatal pada alergi kulit, pakailah pakaian yang nyaman dan longgar.
  • Mandi dengan air dingin
    Metode ini berguna untuk mengurangi ruam kulit pada kulit atau juga bisa menggunakan kompresi air dingin. Lalu keringkan kulit dengan handuk bersih dan kemudian gunakan pelembab. Hindari berenang atau mandi dengan air panas karena ini dapat memperburuk gejala-gejala alergi kulit.
  • Tes alergi
    Untuk mengetahui bahwa seseorang alergi terhadap artikel atau makanan tertentu, diperlukan tes alergi. Tes ini dilakukan dengan memaparkan zat yang berbeda dalam jumlah tertentu untuk melihat reaksi tubuh.

Tes alergi kulit biasanya dilakukan ketika pasien memiliki kondisi medis tertentu, seperti eksim. Kondisi lain adalah ketika gatal atau bengkak dan mengalami Biduran atau dermatitis, yang tidak membaik meskipun telah menerima pengobatan. Selain itu, tes alergi juga dapat dilakukan jika kita memiliki alergi terhadap makanan, serbuk sari dan obat-obatan.

Jika Sobat memiliki masalah kulit, disarankan untuk pergi ke dokter kulit. Hindari menggaruk ruam yang gatal, karena ini dapat menyebabkan infeksi kulit dan menghambat proses penyembuhan. Rekomendasi mimin sih sobat mitoha konsumsi Mitoa Golden Gamat Jelly Gamat Emas, Insya Allah sembuh alergi kulit sobat, salam sehat!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*