Penyakit Ginjal dan Cara Mengobatinya

Penyakit Ginjal dan Cara Mengobatinya

Keseimbangan air dalam darah hingga kesehatan tulang dapat dipengaruhi oleh kerja ginjal. Kerusakan pada ginjal dapat memengaruhi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Bahkan, yang lebih mengerikannya, penyakit ini tidak menimbulkan masalah nyata hingga stadium akhir

Fungsi Gijal

Ginjal adalah organ ekskresi dalam vertebrata yang berbentuk mirip kacang. Sebagai bagian dari sistem urin, ginjal berfungsi menyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin. Ginjal merupakan salah satu organ penting bagi tubuh manusia. Kerusakan ginjal dapat menurunkan fungsinya. Penurunan dari fungsi ginjal dapat menimbulkan beragam masalah, bahkan dapat menimbulkan komplikasi. Penting untuk mengenali gejala awal penyakit ginjal, agar tidak terlambat dalam menanganinya.

Ginjal berfungsi untuk menyaring darah yang mengalir dari seluruh tubuh. Dari penyaringan ini, ginjal akan memisahkan racun, mengatur keseimbangan elektrolit, dan mengontrol keseimbangan cairan dalam tubuh. Darah yang disaring ini kemudian akan keluar dari tubuh dalam bentuk urine. Seperti yang disebutkan di atas, kerusakannya dapat menurunkan fungsi ginjal. Beberapa penyakit ginjal pun memiliki kemungkinan untuk muncul. Seperti infeksi ginjal, gagal ginjal, batu ginjal, kista ginjal, hingga kanker ginjal.

Gejala Awal Ini Perlu Diwaspadai

Gejala awal penyakit ginjal terkadang tidak benar-benar disadari atau tidak muncul hingga pada akhirnya fungsi utama ginjal mulai menghilang. Perhatikanlah beberapa gejala awal penyakit ginjal di bawah ini. Segera periksakan diri ke dokter jika sobat merasa ada beberapa gejala yang Sobat rasakan.

  • Kulit pucat.
  • Kulit gatal dan sangat kering.
  • Nafsu makan menurun.
  • Mual dan muntah.
  • Urine sedikit.
  • Bengkak di beberapa bagian tubuh (mata dan pergelangan kaki).
  • Terjadinya kram otot. Khususnya kram otot bagian kaki.
  • Napas pendek atau munculnya rasa lelah yang terus menerus.
  • Bau napas tidak enak dan tercium seperti bau urine.
  • Mengalami tekanan darah tinggi (hipertensi).

Sedangkan jika penyakit ginjal ini terjadi pada anak, gejala awal penyakit ginjal yang umumnya mereka akan rasakan adalah sering mengantuk, nafsu makan berkurang, pertumbuhan lambat, dan meningkatnya rasa lelah.

Bagaimana Cara Mengobatinya?

Penyakit ginjal kronis tidak dapat diobati. Hal yang bisa dilakukan pasien adalah dengan menerapkan pola makan sehat, salah satu yang cocok diikuti oleh penderita penyakit ginjal adalah diet rendah protein.

Batasi juga asupan garam dan pastikan Sobat tetap mendapat cukup kalori meskipun kehilangan berat badan. Kalori sehat bisa Sobat dapatkan dari buah, gandum, dan sayuran. Bila kondisi tidak membaik, sobat mungkin memerlukan dialisis.

Selain itu, penting bagi Sobat untuk mempraktikkan gaya hidup sehat dengan menghindari rokok sepenuhnya dan batasi konsumsi alkohol. Serta berolahraga secara teratur paling tidak 20 menit per hari.

Konsumsi obat herbal sebagai terapi pembantu semisal Mitoha Golden Gamat Emas yang bagus dikonsumsi sehari-hari untuk menjaga stamina dan daya tahan tubh sobat.

Jaga Kesehatan Ginjal Sobat dengan Cara Ini

Sebelum ginjal Sobat bermasalah, atau sebelum kondisi ginjal semakin buruk. Tentu tidak ada salahnya untuk terus menjaga kesehatan ginjal. Cermati dan praktikkan beberapa cara menjaga kesehatan ginjal berikut ini.

Makanan sehat untuk ginjal yang sehat
Sudah menjadi rahasia umum jika makanan yang sehat dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat. Begitu pula dengan ginjal Sobat. Jadi, berikanlah ginjal Sobat ragam makanan sehat mulai sekarang. Pastikan makanan yang Sobat konsumsi kaya akan mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak atau terlalu asin. Konsumsi lebih banyakan biji-bijian, sayur, dan buah.

Minum cukup air mineral
Guna menjaga kesehatan ginjal, memastikan tubuh terhidrasi dengan baik adalah hal yang penting. Ingat apa fungsi ginjal. Jika Sobat tidak cukup minum, bagaimana ginjal dapat berfungsi dengan baik menyaring racun dan membuangnya menjadi urine? Untuk mengetahui apakah tubuh terhidrasi dengan baik, perhatikan warna urine sobat. Jika berwarna cokelat tua dan bukannya kekuningan. Itu artinya tubuh membutuhkan lebih banyak air.

Buang jauh-jauh minuman beralkohol dan rokok
Kedua hal ini tentu tidak ada manfaatnya bagi Sobat. Hanya kesenangan sesaat dan tabungan masalah kesehatan di kemudian hari. Salah satunya adalah penyakit ginjal. Minuman beralkohol dan rokok dapat menimbulkan tekanan darah tinggi dan hipertensi adalah salah satu penyebab penyakit ginjal.

Perhatikan berat badan Sobat
Sesuatu yang berlebihan sudah pasti tidak baik. Begitu pula dengan berat badan. Meningkatnya berat badan dapat meningkatkan tekanan darah Sobat yang berbahaya bagi ginjal, dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Perhatikan berat badan dan indeks massa tubuh sobat. Serta lakukan olahraga secara teratur seperti bersepeda, berenang, atau berlari guna mendapatkan berat badan ideal.

Tidak ada bagian tubuh kita yang tidak penting untuk dijaga kesehatannya. Termasuk juga dengan ginjal. Organ ini begitu penting untuk kesehatan tubuh sobat. Tidak kalah dengan hati dan jantung.

Jadi jaga kesehatan organ ini dengan baik, olah raga cukup, berenti merokok jika masih merokok. Agar jika ternyata sobat memiliki penyakit ginjal, sobat bisa mengatasinya sedini mungkin. Salam sehat!

Penyakit Ginjal dan Cara Mengobatinya

1 Trackback / Pingback

  1. Obat Jantung Bocor Bayi: Mitoha Golden Gamat Jelly Gamat Emas

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*