Penyakit Kelamin, Herpes: Penyakit Menular Seksual Ditandai Nyeri Pada ITUNYA

Apa itu herpes genital?

Secara defisini Herpes genital adalah gangguan genital yang disebabkan oleh virus herpes simplex (HSV). Biasanya ditandai dengan benjolan berair dari alat kelamin, anus atau mulut. Herpes genital dapat menyebar melalui kontak, tetapi lebih sering melalui kontak seksual.

Ada dua jenis virus herpes simplex, yaitu herpes tipe 1 dan 2. Herpes tipe 1, juga disebut HSV 1 atau herpes oral, menyebabkan benjolan berair di sekitar mulut dan bibir. Meskipun HSV 1 dapat menyebar dan menyebabkan herpes genital, herpes genital sering disebabkan oleh virus herpes lain, yaitu herpes simpleks tipe 2 (atau HSV 2).

Seberapa sering herpes kelamin terjadi?

Herpes genital adalah penyakit yang sering terjadi dan dapat terjadi pada wanita dan pria. Perempuan lebih terpapar pada virus ini daripada laki-laki. Biasanya terjadi pada orang yang aktif secara seksual.

Seorang ibu yang memiliki herpes genital juga dapat menularkan herpes ke bayinya melalui vagina selama persalinan. Ini dapat dicegah dengan mengurangi faktor risiko sobat. Diskusikan dengan dokter Sobat untuk informasi lebih lanjut.

Tanda dan gejala

Apa karakteristik dan gejala herpes genital?
Kebanyakan orang yang terinfeksi herpes kelamin tidak tahu bahwa mereka terinfeksi karena pasien tidak memiliki gejala dan tanda. Beberapa orang merasakan gejala herpes kelamin sebagai berikut:

  • Rasa sakit atau gatal di area kemaluan atau bokong
  • Klub merah kecil atau perangkat putih kecil
  • Luka yang berkembang setelah sirip patah
  • Ulkus yang berkembang setelah penyembuhan luka
  • Nyeri saat buang air kecil
  • Gejala seperti flu seperti pembesaran kelenjar getah bening di selangkangan, sakit kepala, nyeri otot dan demam.
  • Suatu benjolan berair disebut lily dapat muncul di sekitar mulut, anus dan daerah genital.

Gejala Herpes Genital

Gejala herpes genital bervariasi pada setiap orang. Gejala dan tanda dapat menghilang dan timbul selama bertahun-tahun. Beberapa orang mungkin mengalami gejala beberapa kali setahun dan beberapa orang mungkin tidak mengalami gejala sama sekali.

Gejala dan gejala dapat terjadi yang belum disebutkan di atas. Hubungi dokter Sobat jika sobat khawatir tentang gejala tertentu.

Kapan saya harus mengunjungi dokter?

sobat harus menghubungi dokter jika sobat memiliki gejala herpes genital. Jika sobat aktif secara seksual, penting untuk memeriksa secara teratur keberadaan penyakit menular seksual.

Jika sobat memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lain, konsultasikan dengan dokter sobat. Tubuh setiap orang berbeda. Selalu berkonsultasi dengan dokter untuk mengobati kondisi kesehatan sobat.

Penyebab

Apa penyebab herpes genital?
Herpes genital disebabkan oleh virus herpes simplex (HSV). Penyakit ini dapat ditularkan melalui kontak langsung, hubungan seksual, seks oral atau oleh ibu bayi. Setelah infeksi, virus hidup tenang dan dapat diaktifkan kembali beberapa kali setahun. Ada 2 jenis virus herpes.

Virus herpes simpleks tipe 1 (HSV 1) menyebabkan kanker dan luka dingin, tetapi dapat menyebar ke organ seksual selama seks oral.

Virus herpes simpleks tipe 2 (HSV 2) umumnya menyebabkan herpes genital. Virus ini sangat menular dan dapat ditularkan melalui kontak seksual dan kontak kulit dengan kulit.
Virus biasanya cepat mati di luar tubuh. Transfer tidak mungkin karena duduk di toilet atau menggunakan handuk.

Faktor risiko

Siapa yang berisiko terkena herpes kelamin?

Ada banyak faktor yang meningkatkan risiko herpes genital:

Jenis Kelamin: Berdasarkan kasus yang telah terjadi, tampak bahwa wanita lebih rentan terhadap herpes daripada pria. Jika Sobat memiliki lebih dari satu pasangan seksual, risiko Sobat meningkat seiring dengan jumlah pasangan Sobat. Penting untuk melakukan seks yang aman dan memeriksanya secara teratur.

Sistem kekebalan tubuh lemah: ini membuat Sobat lebih rentan terhadap infeksi virus.

Obat-obatan dan perawatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti saran medis. SELALU berkonsultasi dengan dokter Sobat.

Apa herpes genital yang paling umum?

Tidak ada obat untuk herpes genital. Perawatan hanya ditujukan untuk meredakan gejala dan mencegah herpes. Jika Sobat tidak memiliki gejala, Sobat tidak harus menjalani perawatan.

Dokter Sobat mungkin memberi Sobat antivirus untuk meredakan gejala herpes. Antivirus diberikan untuk:

  • Akselerasi mempercepat penyembuhan
  • Mengurangi frekuensi kekambuhan
  • Mengurangi keparahan dan durasi gejala
  • Membatasi kemungkinan penularan ke orang lain.

Obat herpes yang umum digunakan biasanya adalah acyclovir, famciclovir, dan valaciclovir.

Jika sobat hamil, sobat harus memberi tahu dokter sobat. Dokter sobat dapat memberikan obat antivirus mendekati akhir masa kehamilan sobat untuk mencegah penularan virus pada bayi. Pada beberapa kasus dokter menganjurkan operasi caesar untuk melahirkan bayi sobat.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk herpes genital?

Dokter akan melakukan pemeriksaan berikut ini untuk mendiagnosa herpes genital:

  • Pemeriksaan kultur virus. Pemeriksaan ini menggunakan sampel dari ulkus di kulit atau sariawan untuk mengkonfirmasi adanya virus herpes.
  • Tes Polymerase chain reaction (PCR). Tes ini memeriksa DNA Sobat dari sampel darah untuk memastikan adanya HSV dan menentukan tipenya.
  • Pemeriksaan darah. Tes ini untuk memeriksa antibodi HSV, yang mendeteksi adanya infeksi virus herpes sebelumnya.
  • Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup yang dapat dilakukan untuk mengatasi herpes genital?

Berikut adalah gaya hidup yang dapat membantu sobat mengatasi herpes genital:

  • Konsumsi obat yang diberikan dokter sesuai instruksi.
  • Jagalah agar herpes sobat tetap kering dan bersih.
  • Jangan sentuh luka herpes. Sobat harus mencuci tangan sesering mungkin untuk mencegah penularan ke orang lain atau bagian tubuh lain.
  • Jika Sobat hamil, beri tahu dokter Sobat untuk mengetahui bagaimana cara melindungi bayi Sobat.

Mitoha Golden Gamat Emas salah satu rekomendasi kami untuk sobat untuk membantu terapi pengobatan herpes selain untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh. Sediakan selalu Mitoha Jelly Gamat Emas di rumah sobat, Salam Sehat!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*