Sakit Perut, Maag = Tukak Lambung?

Maag? Sakit Perut, melilit dan…

Sobat Mitoha, terkadang atau mungkin sering kita mengalami sakit perut [Maag] juga disebut Tukak Lambung. Lebih dari 150 ribu kasus per tahun (sumber: Mitra Keluarga dan lainnya) di negara kita tercinta (Indonesia) mengalaminya baik anak-anak maupun dewasa.

Kasus ini (Maag) cukup banyak ditemui dalam masyarakat seperti yang kami kutip dari hellosehaat, bahkan menurut data yang dicatat oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada 2012, tingkat kejadian penyakit maag di Indonesia mencapai 40,8 persen. Akan tetapi, banyak orang masih belum memahami sepenuhnya apa itu penyakit maag.

Sobat Mitoha mungkin masih sering dengar mitos bahwa semua orang itu pasti punya maag, masalahnya hanya apakah maag tersebut akan kambuh jadi penyakit. Benarkah demikian? Yuk Sobat Mitoha, kita cari tahu lebih lanjut seputar maag dalam ulasan berikut ini.

Apa itu penyakit maag?

Maag (indigestion) atau radang lambung atau tukak lambung adalah gejala penyakit yang menyerang lambung, usus halus, infeksi bakteri Helicobacter pylori, efek samping penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), dan stres. Dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut.

Meskipun sebagian besar sakit maag bisa ditangani tanpa perlu berkonsultasi kepada dokter, namun pemeriksaan dokter medis tetap perlu dilakukan jika Sobat Mitoha sakit maag disertai dengan sering muntah.

Jenis-Jenis Maag

  • Gastritis Akut
    Penyakit maag akut adalah inflamasi (reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yg ditandai oleh panas, bengkak, nyeri, dan gangguan fungsi organ tubuh) akut dari lambung, dan biasanya terbatas hanya pada muklosa. Penyakit maag akut dapat terjadi tanpa diketahui penyebabnya
  • Gastritits Kronis
    Lambung penderita penyakit maag kronis mungkin mengalami inflamasi (reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yg ditandai oleh panas, bengkak, nyeri, dan gangguan fungsi organ tubuh) kronis dari tipe gangguan tertentu, yang menyebabkan gastritis dari tipe yang spesifik yaitu gastritis kronisa.

Jenis penyakit maag yang dilihat berdasarkan tingkat keparahan, dibedakan menjadi:

  • Maag ringan
    Maag ringan masih tergolong tahap ringan dimana biasanya setiap orang sudah berada di tahap ini, jika dilakukan pemeriksaan akan terlihat asam lambung berlebih di bagian dinding.
  • Maag sedang
    Maag pada tahap ini sudah menyebabkan nyeri, sakit dan mual yang menyakitkan.
  • Maag kronis
    Maag kronis adalah maag yang sudah parah intensitasnya di bandingkan maag biasa.
  • Kanker lambung
    Kanker lambung terjadi akibat mikroorganisme yang merugikan, yaitu Helycobacter pylori.

Gejala Sakit Maag

Selain nyeri pada perut bagian atas (area antara pusar dan bawah tulang dada), gejala sakit maag bisa berupa:

– Sakit saat buang air besar
– Rasa panas pada perut bagian atas
– Cepat merasa kenyang ketika makan
– Rasa kenyang berkepanjangan setelah makan
– Mual dan Muntah
– Kembung pada perut bagian atas
– Refluks (kembalinya makanan atau cairan dari lambung ke kerongkongan)
– Sering bersen­dawa
– Nyeri yang terasa perih pada perut dan dada

Sakit maag yang disertai dengan gejala rasa panas di dalam dada akibat naiknya asam lambung ke kerongkongan, adalah kasus sakit maag yang seringkali terjadi.

Bagi penderita sakit maag, gejala biasanya akan menjadi lebih buruk jika dirinya juga mengalami stres. Selain stres, masuknya udara lewat mulut ketika mengonsumsi makanan juga bisa menyebabkan perut semakin kembung dan frekuensi sendawa meningkat.

Penyebab Sakit Maag

Penyebabnya bisa karena penderita makan secara tidak teratur, terdapat mikroorganisme yang merugikan, mengonsumsi obat-obatan tertentu, atau sebab-sebab lainnya seperti mengonsumsi alkohol, pola tidur yang tidak teratur dan stress.

Maag juga bisa terjadi apabila si penderita telat makan, kemudian sewaktu makan si penderita maag makan dengan porsi yang terlalu banyak. Bagi penderita maag yang sudah parah, penyakit maag tersebut sangat berbahaya sekali dan dapat menyebabkan kematian.

sumber: obatlambungbengkak

Berikut ini beberapa kondisi yang bisa menyebabkan sakit maag, di antaranya:

– Tukak lambung (luka terbuka yang muncul di lapisan dalam lambung)
– Infeksi bakteri Helicobacter pylori
– Efek samping obat anti-inflamasi nonsteroid (ibuprofen / aspirin) dan obat golongan nitrat
– Masalah psikologi (misalnya cemas dan stres)
– Penyakit refluks gastroesofagus (pergerakan balik asam lambung menuju kerongkongan)
– Terlalu banyak makan
– Obesitas
– Makan terlalu cepat
– Mengonsumsi makanan berminyak, berlemak, dan pedas
– Merokok
– Terlalu banyak mengonsumsi kafein, soda, atau minuman beralkohol
– Terlalu banyak mengonsumsi cokelat
– Konstipasi (sembelit/sulit buang air besar)

Selain kondisi-kondisi di atas, sakit maag juga bisa terjadi akibat komplikasi suatu penyakit. Contoh-contoh penyakit yang bisa menyebabkan sakit maag adalah penyakit batu empedu, radang pankreas (pankreatitis), penyakit iskemia usus (berkurangnya aliran darah di usus), penyumbatan usus, penyakit celiac, penyakit hernia hiatus (bagian lambung menonjol ke dalam diafragma), dan kanker lambung.

Pengobatan Sakit Maag

Sobat Mitoha, Maag bisa disembuhkan tetapi tidak bisa sembuh total, maag adalah penyakit yang dapat kambuh apabila si penderita tidak makan teratur, terlalu banyak makan, atau sebab lain.

Biasanya untuk meredakan atau menyembuhkannya penderita harus mengkonsumsi obat jika diperlukan. Tetapi maag dapat di cegah, yaitu dengan cara makan teratur, makan secukupnya, cuci tangan sebelum makan dan jangan jajan sembarangan.

Obat-obatan untuk sakit maag umumnya dimakan dua jam sebelum makan dan dua jam sesudah makan dengan tujuan untuk menetralisir asam lambung, karena pada saat tersebut penumpukkan asam lambung sudah sangat banyak dan di dalam lambung penderita pasti telah terjadi luka-luka kecil yang apabila terkena asam akan terasa perih, juga bertujuan untuk melindungi dinding lambung dari asam yang terus diproduksi.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meredakan sakit maag, di antaranya:

– Mengurangi atau menghentikan kebiasaan konsumsi zat kafein atau alkohol jika disebabkan kedua zat tersebut.
– Menghindari makan-makanan yang bisa memicu sakit maag seperti kopi, anggur putih, sari buah sitrus dan susu. Makanan sangat asam dan pedas: cuka, cabai dan merica (dapat merusak dinding lambung). Makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah penyebab cairan lambung naik: alkohol, coklat, makanan tinggi lemak dan gorengan.
– Tidak membiarkan diri dikuasai oleh rasa cemas dan mengendalikan stres. Apabila Anda tidak mampu melakukannya, minta bantuan psikiater. Teknik relaksasi atau terapi perilaku kognitif merupakan contoh pengobatan yang mungkin disarankan.
– Menghentikan konsumsi ibuprofen atau aspirin jika sakit maag disebabkan oleh obat-obat tersebut. Selanjutnya, konsultasikan kepada dokter untuk menentukan obat pengganti contohnya seperti Jelly Gamat Golden Mitoha.

Komplikasi Sakit Maag

Beberapa contoh komplikasi yang berkaitan dengan sakit maag adalah:

  • Penyempitan esofagus.
    Penyempitan atau striktur esofagus bisa saja terjadi pada seseorang yang sering mengalami sakit maag akibat refluks asam. Asam lambung yang naik ke kerongkongan dapat menimbulkan jaringan parut di kerongkongan dan mempersempit saluran tersebut. Gejala yang bisa muncul berupa sulit menelan dan nyeri dada.
  • Esofagus Barrett.
    Serupa dengan penyempitan esofagus, esofagus Barrett disebabkan oleh paparan asam lambung di kerongkongan secara terus-menerus. Namun pada kasus ini, sel-sel yang terdapat di lapisan bagian bawah kerongkongan berubah menjadi sel kanker. Perubahan sel tersebut berisiko mengarah kepada kanker kerongkongan.
  • Stenosis pilorus.
    Kondisi ini disebabkan oleh paparan asam lambung pada area pilorus (bagian antara lambung dan usus halus) dalam jangka panjang. Paparan menimbulkan jaringan parut dan mempersempit pilorus. Akibatnya makanan menjadi tidak tercerna dengan baik. Selain itu, muntah-muntah juga bisa dialami oleh penderita stenosis pilorus.

Jelly gamat mitoha dapat menjadi pilihan bijak untuk mencegah sakit maag.

Perlu Di ketahui bahwa produk jelly gamat mitoha ini adalah suatu produk dengan bahan bahan alami .

Antara satu pasien dengan pasien yang lain memilki efek yang berbeda dan kecepatan dalam pengaruh ke tubuh pasien ketika mengkonsumsi jelly gamat mitoha .

Hasil yang di dapat bervariasi pada setiap individu, tergantung kondisi tubuh dan juga faktor kesehatan pribadi. Kami tidak dapat menjamin dan tidak bertanggung jawab apabila hasil yang anda peroleh berbeda dengan pengguna lain yang mendapatkan hasil positif.

Perlu diingat bahwa,pengobatan dengan obat herbal alami bukanlah pengobatan seperti obat kimia
yang bertugas menekan symptoms (sumber amban penyakit).

Tetapi,
OBAT HERBAL hanya membantu secara alami membangun, meregenerasi, dan me-recover jaringan, organ, maupun sel yang telah rusak, karena obat herbal merupakan herbal food suplement.

Oleh sebab itulah, maka hasilnya bersifat individu (tiap orang berbeda-beda), dan juga kecepatan perbaikan sangat dipengaruhi oleh faktor sekitar seperti lingkungan, pola makan, tingkat keparahan penyakit, dan kondisi stress (mental).

Semoga bermanfaat Sobat Mitoha dimanapun berada, salam sehat!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*