Tips Cegah Anak Rewel dalam Perjalanan Mudik

Tips Cegah Anak Rewel dalam Perjalanan Mudik – Pusing karena anak rewel dalam perjalanan mudik Lebaran? Tak usah khawatir! Lakukan beberapa tips di bawah ini untuk mengatasinya.

Anak rewel dalam perjalanan mudik bisa bikin pusing kepala dan perjalanan pun akan terasa tidak menyenangkan. Meski begitu, Anda sebagai orang tua harus bisa menenangkan si Kecil agar perjalanan bisa kembali nyaman.

Penyebab Anak Rewel

Penyebab anak rewel dalam perjalanan mudik Lebaran antara lain karena kondisi tidak nyaman baik secara fisik, lingkungan, maupun psikologis. Pada keadaan tenang di rumah, mengatasi kerewelan anak relatif lebih mudah dibandingkan saat kondisi tertentu, misalnya menempuh perjalanan jauh untuk mudik lebaran seperti sekarang ini.

Pada usia bayi misalnya, anak Anda biasanya akan tidur dan tenang bila kenyang serta merasa nyaman. Anda dapat mencoba memenuhi keduanya agar anak Anda dapat tidur.

Tindakan Menyikapi Anak Rewel

“Tindakan yang Anda lakukan dengan memberinya ASI sudah benar. Namun setelah diberikan ASI, sebaiknya usahakan agar ia bersendawa. Caranya dengan menegakkan tubuhnya dan usap-usap atau tepuklah dengan lembut agar udara yang terperangkap bisa keluar,” kata dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter.

Lebih lanjut, dr. Alvin menjelaskan bahwa jika Anda langsung menidurkan anak setelah diberikan ASI, akan membuat anak menjadi tidak nyaman karena udara yang terperangkap. Masuk angin bisa semakin bertambah jika si Kecil menangis tepat sebelum minum ASI.

Namun jika anak terus rewel tanpa berhenti, bagaimana cara mengatasinya? Berdasarkan saran dr. Reza Pahlevi, Anda dapat melakukan 4 tips sebagai berikut:

1. Penuhi kebutuhan fisiologis anak

Jika anak mulai rewel, tanyakan penyebabnya sehingga Anda tahu apa yang harus dilakukan. Lapar, haus, ingin BAB dan BAK merupakan beberapa penyebab anak rewel. Pastikan segala kebutuhan tersebut dapat Anda penuhi.

2. Ciptakan kondisi nyaman saat mudik

Tidak hanya anak, orang dewasa pun pasti merasa tidak nyaman melakukan perjalanan dalam kondisi yang panas, gerah, dan bau. Kondisi inilah yang sering membuat anak rewel saat mudik. Solusinya, pilihlah sarana transportasi yang nyaman jika melakukan perjalanan dengan anak.

3. Atasi mabuk perjalanan

Salah satu penyebab lain anak menjadi rewel saat melakukan perjalanan adalah mabuk perjalanan. Untuk itu, cegahlah mabuk perjalanan dengan air hangat, aromaterapi atau obat anti mabuk perjalanan agar anak tidak rewel selama mudik.

4. Berikan kenyamanan secara psikologis kepada anak

Bagi anak yang belum pernah mudik, bertemu banyak orang-orang baru yang tidak ia kenal terkadang membuatnya merasa ketakutan. Selain itu, pengalaman naik pesawat, naik kereta, atau kapal untuk pertama kalinya juga dapat membuat anak ketakutan, sehingga membuatnya rewel.

Penyebab lain anak rewel saat mudik

Mengingat anak Anda sedang dalam tahap pertumbuhan, khususnya yang masih bayi, terkadang ada kondisi biologis yang membuat dirinya tak nyaman. Hal tersebut misalnya pertumbuhan gigi.

Awal dari pertumbuhan gigi mulai bisa dirasakan sejak bayi berusia 3 bulan. Gusi di area sekitar gigi yang akan tumbuh biasanya bengkak, kemerahan dan terasa nyeri. Tentunya, ini menimbulkan rasa tidak nyaman yang kerap membuat si kecil rewel, tidak mau menyusu atau sulit terlelap.

“Keluhan dan tanda si Kecil sedang tumbuh gigi antara lain keluar banyak air liur (ngences), gusi bengkak, merah, terasa nyeri, suka menggigit atau mengunyah benda keras, rewel dan gelisah, hingga sulit tertidur serta kerap terbangun saat tidur malam,” kata dr. Fiona Amelia dari KlikDokter.

Anda dapat memijat area sekitar mulut anak, atau memberikan objek keras namun bersih untuk digigit anak, misalnya mainan khusus. Hal ini dilakukan untuk melatih gigitan dan mengurangi rasa sakit dari gigi yang sedang tumbuh.

“Sebelum mengajak anak untuk melakukan perjalanan mudik, sebaiknya Anda perlu mengikuti kiat-kiat di atas. Berikan gambaran kondisi mudik kepada anak Anda. Dengan demikian, secara psikologis anak akan lebih siap dan cenderung tidak rewel selama di perjalanan,” kata dr. Reza.

Cegah anak rewel dengan mengikuti tips di atas! Bila terjadi penyebab lain yang belum kunjung terdeteksi, sebaiknya Anda memeriksakan anak ke dokter. Karena bisa jadi penyebab anak rewel selama perjalanan mudik adalah masalah kesehatan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*