Tips Jitu Sukses Puasa Sekaligus Diet

Tips Jitu Sukses Puasa Sekaligus Diet – Selama bulan puasa, asupan makanan ke dalam tubuh lebih terkontrol dengan pola makan saat sahur dan berbuka. Menariknya, banyak orang yang memanfaatkan momen puasa Ramadan sekaligus untuk menjalankan diet. Padahal, diet bisa dilakukan kapan saja, tak harus di bulan Ramadhan saat menjalankan ibadah puasa. Namun, sebagian orang menganggap dengan berpuasa, akan lebih mudah untuk mengontrol diri terhadap asupan makanan ke dalam tubuh.

Sayangnya, yang biasa terjadi bukannya berat badan turun, tapi justru semakin naik. Hal ini bisa disebabkan oleh lapar mata ketika membeli takjil menjelang buka puasa. Alhasil, Anda mengonsumsi kalori yang lebih banyak dari hari-hari biasanya.

Puasa sembari berdiet sebenarnya bisa saja dilakukan. Asalkan, Anda mampu menahan keinginan untuk makan secara berlebihan saat berbuka. Untuk dapat menurunkan berat badan dengan cepat, ada baiknya Anda memperhatikan berbagai tips menjalankan diet saat berpuasa.

Diet sukses saat puasa

Ketika menjalankan diet sambil berpuasa, hal utama yang harus Anda terapkan adalah komitmen untuk terus menjalankannya, agar tak putus di tengah jalan. Menurut dr.Resthie Rachmanta Putri dari KlikDokter, prinsip penurunan berat badan ketika menjalankan diet saat berpuasa adalah dengan mengurangi pemasukan kalori dan meningkatkan pengeluaran kalori.

“Selain dua hal di atas, komitmen yang tinggi untuk melaksakannya juga menjadi kunci keberhasilan diet Anda. Tetaplah lakukan olahraga yang sudah dijalankan sebelum berpuasa untuk mempercepat penurunan berat badan,” jelasnya.

Berikut ini adalah upaya yang dapat Anda lakukan untuk menunjang kesuksesan diet saat berpuasa:

1. Kurangi karbohidrat

Usahakan untuk mengurangi konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Saran dr. Resthie, pilihlah roti gandum atau kentang sebagai variasi. Tak perlu khawatir, untuk memulihkan energi, tubuh biasanya akan dengan mudah beradaptasi menyimpan cadangan energi. Jadi, Anda juga tetap terbebas dari badan lemas.

2. Minum banyak air putih

Dehidrasi adalah permasalahan yang biasanya dialami orang saat puasa. Atasi dengan perbanyak minum air putih, terutama saat buka puasa dan sahur. Jika di hari biasa Anda minum 8 gelas sehari, selama berpuasa usahakan minum 10-12 gelas sehari.

3. Jangan lewatkan makan sahur

Makan sahur bisa menjadi kunci penentu suksesnya diet Anda saat berpuasa. Jika Anda melewatkan sahur, saat buka puasa secara otomatis Anda akan menyantap porsi takjil secara berlebihan, terutama yang mengandung gula. Hal ini bisa menggagalkan diet Anda.

Oleh sebab itu, jangan lewatkan makan sahur. Pilih menu sahur yang sehat. “Selalu sediakan buah saat sahur agar dapat menahan lapar lebih lama. Hindari porsi makan sahur yang terlalu besar juga, ya,” dr. Resthie menambahkan.

4. Tidur siang

Saat Anda libur dari kegiatan siang, ada baiknya manfaatkan waktu tersebut untuk tidur minimal 30 menit. Selain dapat memulihkan tenaga, tidur siang juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan demikian, pembakaran lemak di tubuh menjadi lebih maksimal.

5. Tetap berolahraga

Olahraga juga penting untuk membantu membakar lemak dalam tubuh Anda. Lakukan olahraga ringan seperti joging selama 10 menit setelah sahur atau sebelum berbuka puasa.

6. HIndari produk olahan

Makanan jenis ini mengandung lemak trans dan lemak jenuh tinggi. Lebih baik Anda mengonsumsi menu yang diolah sendiri, sehingga terjamin asupan nutrisinya. Gunakan metode memasak dengan cara rebus, kukus atau panggang agar makanan tetap terjaga nutrisinya.

7. Pilih menu bergizi untuk berbuka

Gorengan dan es teler memang menggoda menjelang buka puasa. Tapi, sebaiknya hindari jenis menu yang digoreng, terlalu manis, dan terlalu asin. Saat menjalankan diet, gizi seimbang sangat wajib untuk dipenuhi.

Sebaiknya perbanyak sayur dan buah untuk berbuka puasa. Jika masih lapar, atasi dengan mengonsumsi buah atau sayur. Jangan langsung makan besar saat berbuka, karena dapat menyebabkan terjadinya penimbunan lemak di tubuh.

Menjalankan diet sembari puasa di bulan Ramadhan memang tak mudah untuk dilakukan, namun bukan hal yang mustahil untuk dicoba. Lakukan berbagai tips di atas agar diet Anda selama berpuasa dapat berjalan lancar dan memberikan hasil yang memuaskan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*